Wali Kota Ibnu Sina Resmi Buka Banjarmasin Art Week 2022 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 04 November 2022

Wali Kota Ibnu Sina Resmi Buka Banjarmasin Art Week 2022

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina resmi membuka Banjarmasin Art Week (BAW) 2022 yang digagas Dewan Kesenian Banjarmasin, Jumat (4/11/2022).

"Semua ruang di Banjarmasin adalah ruang seni dan budaya, semoga BAW 2022 berjalan lancar," ujarnya.

Pembukaan BAW 2022 dilaksanakan di Siring Menara Pandang. Rencananya BAW akan dilaksanakan maraton hingga 10 November 2022.

Ketua Dewan Kesenian Banjarmasin, Hajriansyah menyebut, BAW 2022 adalah upaya untuk membangun "jembatan" antara pelaku seni dengan komunitas dan masyarakat secara umum.

Setiap hari akan ada pergelaran dan pameran, sejak pembukaan Jumat siang tanggal 4 Nopember hingga berakhir nanti pada 10 Nopember 2022 yang rencananya akan ditutup dengan Bincang Santai bersama Wali Kota Banjarmasin," ujar Ketua Dewan Kesenian Kota Banjarmasin, Hajriansyah, Senin (24/10/2022).

Konsep kegiatan ini sendiri, urainya, mengacu kepada tema Jukung Barenteng, adalah kolaborasi antarseniman, seniman dengan apresian masyarakat luas, dan seniman dengan stakseholder terkait baik pihak eksekutif, legislatif, maupun pihak swasta. Kita ingin semua elemen masyarakat. "Dengan kegiatan ini kiya mengajak masyarakat menyadari arti penting kesenian bagi pembangun peradaban sebuah kota," tambahnya.

Termasuk pula melibatkan para akademisi seni, baik dari ULM maupun STKIP PGRI Banjarmasin, kegiatan akan diisi setiap hari dengan diskusi/sarasehan seni. 

Perbincangan soal proses kreatif dan pasar kesenian kita, dan hal-hal positif yang dapat diupayakan para seniman untuk terus menjaga semangat kreativitasnya. 

Dewan Kesenian Banjarmasin dalam hal ini sebagai lembaga think-tank berharap ada suatu visi kesenian yang terarah, oleh karenanya diskusi-diskusi semacam ini menjadi penting untuk menyerap sebanyak mungkin aspirasi dari kawan-kawan seniman maupun masyarakat, dan tentu saja oleh para pemikir kesenian/kebudayaan di Banjarmasin. (rilis/sip)


Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner